Kelebihan Bank Perkreditan Rakyat (BPR)

BPR

Indonesia memiliki bank lokal yang melayani perkreditan untuk rakyat menengah ke bawah. Bank tersebut yakni Bank Perkreditan Rakyat atau BPR. Selain melayani rakyat menengah ke bawah, apa lagi kelebihan bank perkreditan tersebut? 

Syarat Jaminan Tidak Sulit

Salah satu syarat mengajukan pinjaman atau kredit adalah menyerahkan jaminan atau agunan. Jaminan yang diajukan oleh bank perkreditan ini tidak sulit. Pasalnya pemberian jaminan atau agunan bukanlah syarat utama yang menjadi pertimbangan pemberian kredit. Pinjaman pada bank perkreditan memiliki syarat utama berupa prospek usaha jangka panjang. Pihak bank lebih mempertimbangkan kemungkinan bisni nasabah sukses daripada jaminan lainnya. 

Jadi, bagi Anda yang tidak memiliki jaminan likuid dan mudah dijual tetap bisa mengajukan kredit pada bank tersebut. Kelebihan inilah yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat kelas menengah ke bawah untuk mengembangkan usaha mereka. 

Kepercayaan Lebih Utama

Bank perkreditan tidak termasuk lembaga keuangan yang mengutamakan keuntungan maupun profit. Pihak bank lebih memprioritaskan unsur saling percaya yang terjalin antara nasabah dan mereka. Produk pinjaman yang diberikan kepada nasabah berlandaskan kepercayaan satu sama lain. Misalnya pihak bank akan lebih mudah memberikan pinjaman kepada nasabah yang sudah pernah meminjam sebelumnya. 

Ini terjadi karena pihak bank percaya kepada nasabah dengan reputasi baik akan senantiasa mempertahankan kelancaran kreditnya. Hal ini tentu bermanfaat besar bagi nasabah yang lancar membayar kewajibannya setiap waktu. Nasabah tersebut juga mendapatkan kesempatan lebih luas untuk mengajukan pinjaman dalam jumlah yang lebih besar karena riwayat perkreditannya yang baik. 

Sistem Pemasaran yang Baik

Visi Bank Perkreditan Rakyat atau BPR adalah membantu mengembangkan usaha mikro dan kecil menengah dari unsur modal. Bank tersebut juga terus berusaha agar mampu menjangkau UMKM yang berada di pedesaan maupun wilayah pelosok. Jenis pemasaran yang dilakukan oleh BPR yakni sistem jemput bola. Tujuannya adalah untuk menjangkau para nasabah dan juga calon debitur dari pelaku usaha mikro serta kecil menengah. 

Pihak bank juga turut serta mencari calon debitur yang membutuhkan pinjaman, mereka keliling pedesaan untuk mengumpulkan cicilan maupun tabungan. Cara ini dianggap sangat tepat mengingat warga akan lebih mudah ketika transaksi. 

Dana Cepat Cair dan Mudah

Tujuan dari bank perkreditan adalah membantu pendanaan usaha mikro dan kecil menengah. Oleh karena itu proses pencairan dananya juga lebih cepat dan mudah. Waktu yang dibutuhkan hanya 2 hingga 3 hari kerja dengan melengkapi persyaratan. Apabila data sudah memadai, pihak bank akan melakukan survey lapangan untuk melihat langsung usaha yang dijalankan oleh nasabah. 

Sekian penjelasan mengenai kelebihan Bank Perkreditan Rakyat atau BPR. Perlu diingat bahwa bank perkreditan sangat mengedepankan kepercayaan. Apabila terjadi manipulasi maka pihak bank tidak akan segan untuk memasukkan Anda dalam daftar hitam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *