4 Fungsi utama dari besi kanal c untuk atap konstruksi bangunan

ilustrasi atap

Besi kanal adalah salah satu jenis material bangunan yang sangat penting misalnya besi kanal c untuk atap. jenis besi ini dibuat dari lembaran galvalum dan dilapisi dengan krom. Proses pembuatan besi juga dengan memanfaatkan teknologi canggih. Besi kanal C merupakan besi yang berbentuk seperti huruf C, selain itu juga dikenal dengan C-channel atau CNP.

Apa itu besi kanal? 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, besi kanal merupakan besi sambungan. Proses pembuatan besi kanal juga sangat cepat. Tahapan pembuatannya mulai dari pemotongan pelat, pembentukan besi kanal berdasarkan dimensi, dilakukan pemotongan panjang sesuai standard dan diinginkan hingga produk siap digunakan. 

Jenis besi kanal dibagi menjadi dua besi kanal C dan U. Sesuai dengan namanya besinya juga berbentuk seperti huruf C dan U. Ketebalan dan fungsinya juga berbeda-beda. 

Fungsi besi kanal C

Di bawah ini terdapat beberapa fungsi lainnya, yaitu: 

  1. Atap 

Besi kanal C berfungsi untuk membuat rangka untuk atap bangunan.  Kegunaan besi kanal C untuk atap untuk rumah dan lainnya agar bangunan tersebut lebih kuat dan kokoh. Umumnya besi ini dikenal dengan balon purlin. 

Dengan menggunakan besi kanal c untuk atap, rangka atap juga dapat menghemat biaya untuk pemeliharaannya. 

  1. Pagar bangunan 

Tidak hanya untuk atap, tetapi juga rangka kanopi atau pembuatan pagar. Pagar bangunan dibuat dari besi kanal c. pembuatannya juga menggunakan teknologi tinggi sehingga membentuk kanal-kanal presisi. Besi juga awet dan tahan karat. Tidak mudah digerogoti rayap

Ukuran besi kanal C hingga 6 meter dengan bermacam-macam variasi. Dimensi pagar bangunan dapat mencapai 200 mm. kenapa besi kanal c sangat dipilih? hal ini disebabkan proses instalasinya yang cukup mudah. 

  1. Sebagai purlin 

Purlin digunakan sebagai rangka baja galvanis yang tahan karat dan kokoh. Banyak konstruksi bangunan memanfaatkan purlin untuk pembangunannya. Balok dudukan ini akan membantu agar menopang benda yang berat diatasnya. Hal inilah yang membuat besi kanal c sangat penting. 

  1. Penutup dinding dan bingkai arsitektur

Selain besi kanal c untuk atap, komponen material ini digunakan juga sebagai penutup dinding dan bingkai dari arsitektur. Jika anda pernah melihat dinding yang ditutup logam, maka loga tersebut adalah besi kanal C. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *