Kelebihan dan Kekurangan Baja Ringan Taso untuk Pembangunan

Ilustrasi baja ringan taso terbaik untuk pembangunan

Kemajuan di berbagai bidang terus saja terjadi dengan adanya penemuan barang baru untuk mempermudah segala urusan. Salah satu perkembangan terjadi untuk kepentingan pembuatan bangunan. Yaitu berupa adanya baja ringan taso terbaik sebagai material pengganti gaya lama.

Kelebihan Menggunakan Baja Ringan Taso

Semakin banyak orang yang tertarik memilih baja ringan taso sebagai salah satu material untuk membuat rumah maupun gedung lain. Hal ini tidak terlepas dari kelebihan baja ringan taso yang dinilai menguntungkan.

  1. Pemasangan yang mudah

Untuk memasang baja ringan taso hanya memerlukan sekrup atau baut khusus yang tentunya dapat dibeli bersama dengan baja ringannya. Dengan mudahnya proses pemasangan tentu akan lebih cepat selesai. Selain itu biaya untuk tenaga kerja bisa lebih hemat.

  1. Harga lebih murah dibanding kayu

Ada banyak baja ringan dijual sehingga harganya bersaing. Selain itu jika menggunakan kayu maka harus menyesuaikan dengan persediaan yang ada di alam. Bisa saja mahal sewaktu-waktu tidak seperti baja ringan yang banyak tersedia dengan harga terjangkau.

  1. Tahan korosi dan anti rayap

Dengan adanya lapisan anti karat akan membuat baja ringan taso lebih awet. Tidak seperti kayu, baja ringan tidak akan rusak oleh rayap. Jadi baja ringan taso terbaik sangat cocok untuk bagian bangunan yang sering terkena panas maupun hujan.

  1. Tahan terhadap segala cuaca

Baja ringan tidak akan mengalami penyusutan maupun pemuaian. Meskipun di cuaca yang sangat panas maupun sangat dingin baja ringan akan mempertahankan bentuknya.

  1. Mudah untuk dibentuk

Baja ringan taso pada umumnya memiliki ketebalan yang relatif tipis sehingga mudah dalam pemotongan. Baja ringan juga cocok untuk dibentuk menyesuaikan desain bangunan meski yang rumit sekalipun. Hal ini akan membantu seseorang mendapatkan rumah impian dengan desain yang unik.

  1. Baja ringan bisa didaur ulang

Jika baja ringan taso tidak lagi digunakan maka bisa dimanfaatkan lagi untuk pembuatan konstruksi baru. Pembuatannya juga tidak membahayakan keberadaan pohon seperti halnya jika menggunakan kayu.

Kekurangan Menggunakan Baja Ringan Taso

Selain kelebihan dari baja ringan taso terbaik ternyata ada beberapa kekuranganya juga.

  1. Mudah terbawa angin

Pemasangan baja ringan taso hanya memerlukan baut saja. Hal ini akan membuat baja ringan mudah terbawa angin yang berhembus dengan kencang. Terlebih baja ringan taso tergolong ringan.

  1. Mengurangi nilai estetika rumah

Jika konstruksi atap semakin rapat maka kemungkinan penutup atap lebih berat. Akan tetapi baja ringan yang semakin rapat dapat merusak keindahan dari rumah.  Untuk mengatasinya bisa dengan memasang plafon pada kerangka atap yang memanfaatkan baja ringan taso.

  1. Perlu ketelitian saat pemasangan

Memperhitungkan pemasangan akan kerangka dan jaring menjadi sangat penting agar tidak roboh. Jika tidak teliti dan tidak berhati-hati bisa saja harus mengulangi pemasangan dari awal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *