Spesifikasi, Ukuran, dan Keistimewaan Besi Beton Jakarta

Besi Beton Jakarta telah dikenal sebagai bahan yang kokoh dan awet. Tetapi apakah Anda sudah benar-benar mengenal material konstruksi tersebut dengan baik? Material yang sering dikenal dengan sebutan besi tulang beton ini memang sudah menjadi andalan untuk proyek-proyek konstruksi

Saat ini besi beton telah hadir dalam berbagai macam ukuran dan dimensi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Untuk mengenal lebih jauh tentang besi beton, berikut ini adalah penjelasan selengkapnya.

Spesifikasi Besi Beton

Besi beton atau steel bar merupakan material yang bekerja untuk melengkapi beton. Seperti yang diketahui, beton memiliki sifat yang kuat terhadap tekanan tetapi lemah terhadap tarikan. Sementara itu besi beton kuat terhadap tarikan. Perpaduan dari kedua material ini akhirnya mampu menghasilkan reinforcement concrete atau struktur beton bertulang.

Besi beton yang umum digunakan untuk konstruksi adalah baja karbon dengan lapisan stainless steel, serat karbon, serat kaca, dan serat basalt. Untuk besi beton SNI, proses pembuatannya wajib terhindar dari lipatan, kandungan serpihan, atau retakan saat proses cenai.

Ukuran dan Berat

Besi beton Jakarta SNI memiliki spesifikasi yang telah ditentukan berdasarkan jenisnya, ukuran, panjang, berat, dan toleransi penyimpangan. Besi beton memiliki standar 0,222 kg/m – 17,4 kg/m dan toleransi maksimal hingga 3,5% dari pedoman. Harga besi beton sangat dipengaruhi oleh harganya, khususnya dari diameternya.

Keistimewaan Besi Beton

Ada 2 jenis besi beton yang diwakili oleh kode BjTP dan BjTD . Kode besi tersebut merupakan tanda bahwa ada perbedaan pada spesifikasi dan fungsinya. BjTP atau Baja Tulang Polos merupakan jenis besi beton yang bertekstur polos. Sementara itu BjTD atau Baja Tulang Deform adalah besi beton yang bertekstur kasar.

Baik BjTP maupun BjTD sama-sama memiliki keistimewaan dari segi kegunaan dan manfaatnya. Berikut ini adalah beberapa keistimewaannya

  • Proses pemasangan mudah melalui proses fabrikasi bengkel
  • Besi beton memiliki sifat homogen sehingga kualitas bahannya lebih terjamin
  • Tingkat deformasi baik walaupun dalam tegangan tinggi sehingga konstruksi tidak akan roboh
  • Dapat disambung dan dipotong dengan bantuan las
  • Material besi beton bekas memungkinkan untuk dilebur atau didaur ulang sehingga dapat digunakan kembali
  • Besi beton mampu bertahan dalam waktu yang lama dengan kualitas yang terjaga 

Demikian sedikit informasi mengenai besi beton Jakarta. Dengan mengenal keistimewaan yang ditawarkan oleh material tersebut, Anda tentu tidak akan ragu lagi untuk memilih besi beton sebagai material konstruksi proyek. Apalagi harganya yang cukup terjangkau dan mudah dijumpai di mana-mana sangat memungkinkan Anda untuk memperoleh material ini ketika membangun konstruksi di manapun. Kualitasnya yang tidak diragukan lagi juga memastikan bahwa Anda membangun konstruksi yang berkualitas. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *