Macam-macam material pembuatan pagar

Cara Memilih Material Bangunan

Pagar adalah salah satu material yang banyak digunakan diluar konstruksi rumah. Tentunya konstruksi pagar harus dibuat dengan material yang cukup kuat dan tahan lama. Salah satu bahan baku pembuatan pagar adalah besi plat tipe strip.

Bahan Baku Pembuatan Pagar

Agar bisa menunjang keamanan dalam rumah, tentunya penggunaan pagar luar rumah adalah pilihan yang tepat. Selain itu ketika anda memutuskan untuk melakukan pembuatan pagar. Material dasar dari konstruksi tersebut juga harus lebih diperhatikan.

Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kerugian atau kerusakan pada jangkaun waktu tertentu ketika penyelesaian konstruksi tersebut.

Besi Plat Strip

Besi plat strip adalah material pertama yang sering digunakan dalam pembuatan konstruksi pagar. Plat besi tipe ini memiliki bentuk seperti papan kayu. Dimana dimensi yang dimiliki adalah sekitar 6 M dengan kelebaran sekitar 99 sampai dengan 200 mm. Sedangkan untuk ketebalan yang dimilikinya bisa dari ukuran 3 mm hingga 12 mm.

Salah satu alasan penggunaan material dasar besi tipe ini adalah kekuatannya dan kemudahannya dalam proses pembentukan. Besi plat tipe ini juga sering digunakan untuk konstruksi pengaman lainnya seperti teralis jendela dan teralis pintu.

Besi Tuang

Besi tuang adalah material yang kedua. Dimana dalam proses pembuatannya biasanya menempuh beberapa proses penting seperti treatment pada biji besi. Proses ini akan meleburkan bijih besi dan nantinya lelehan dari besi tersebut akan dituangkan pada cetakan yang sudah disiapkan sebelumnya.

Besi tuang memiliki banyak sekali kandungan seperti mangan, karbon, fosfor, silikon, dan belerang.

Pagar BRC

Awalnya pagar BRC atau British Reinforced Concrete merupakan sebuah konstruksi pagar yang ditemukan oleh sebuah perusahaan asal Negara Singapura. Namun ketika sampai di Negara Indonesia, pagar ini lebih dikenal dengan sebutan besi BRC.

Material dasar dari pembuatan pagar ini adalah sebuah besi beton dengan diameter 5 sampai 8 mm. Namun dimensi tersebut bisa disesuaikan dengan ketinggian dari pagar tersebut. Dimana semakin tinggi pembuatan pagar tersebut, maka semakin besar dimensi bahan besi beton yang dibutuhkan.

Pada awalnya besi ini lebih sering digunakan pada pagar rumah minimalis. Namun dengan adanya perkembangan zaman ternyata penggunaan pagar BRC sudah diaplikasikan terhadap konstruksi bangunan kantor.

Pagar Besi Vial

Pagar besi vial atau logam ini memang lebih mudah anda temukan di beberapa bangunan rumah pada umumnya. Harga yang ditawarkan dari besi ini sangatlah bervariasi. Besi aluminium tubular adalah harga yang paling terjangkau dan besi cor dan baja padat adalah harga yang paling mahal.

Jika anda memiliki kemampuan yang cukup mumpuni, ternyata pembuatan pagar besi vial juga dapat anda rangkai sendiri. Namun jika ragu, anda bisa menggunakan bantuan dari pihak luar.

Banyaknya pilihan alternatif dalam pembuatan pagar, tentunya anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Namun sangat disarankan menggunakan material besi plat strip untuk pembuatan konstruksi besi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *