Cara Pemasangan Floordeck Yang Tepat

floordeck

Sebagaimana yang anda tahu bahwa floordeck adalah salah satu bahan bangunan yang sekarang ini kian diminati dalam dunia pertukangan. Hal ini tak lain dan tak bukan karena banyaknya kemudahan serta keuntungan yang bisa didapatkan dari pemasangan floordeck. 

Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari pemasangan floordeck adalah hasil yang lebih rapi, biaya yang lebih hemat, dan juga waktu pengerjaan yang lebih sedikit. Dan yang tak kalah penting adalah floordeck ini anti air, karat dan juga anti bocor. Jadi, dapat dipastikan bahwa floordeck ini bisa awet dan tahan lama.

Meskipun begitu, pemasangan floordeck ini tidak bisa sembarangan dan begitu saja. Pemasangan floordeck memiliki teknik khusus, serta harus dilakukan oleh para ahlinya. Nah, bagi anda yang belum tahu, berikut dibawah ini adalah cara pemasangan floordeck yang benar yang bisa anda lakukan: 

Cara pemasangan floordeck

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memasang balok-balok penyangganya terlebih dahulu. Kemudian, anda harus memastikan bahwa balok penyangga tersebut sudah terpasang sejajar merata. Apabila tidak rata, maka bebanpun menjadi tidak merata, dan hal paling buruk yang bisa terjadi adalah keruntuhan pada gedung. 

Pastikan anda memasang floordeck paling tidak 2.5 cm dari pinggir balok. Lalu, pada saat pengecatan dan ketika cor belum kering, anda harus memasang penyangga pada bagian-bagian yang dibutuhkan  untuk membuat beban bisa tersebar secara merata. Jarak yang dibutuhkan antar penyangga adalah 1,5m. 

Setelah itu, agar floordeck tidak bergerak atau bergeser pada saat proses pengecoran berlangsung, maka anda harus memasang kan penguat berupa bolt atau bisa juga stek. Kemudian, jangan lupa untuk memasang end stop pada bagian pinggiran floordeck agar campuran semen tidak tumpah kemana-mana.  Pasang wiremesh dengan jarak sekitar 1,5m dari floordeck. 

Langkah selanjutnya adalah bersihkan bagian atas floordeck dari sampah-sampah soda pengerjaan, kemudian proses pengerjaan pun siap dilakukan. Ketika proses pengecoran pun berlangsung, anda harus memastikan bahwa tidak ada banyak orang, hal ini untuk mengantisipasi agar floordeck tidak bergerak atau bergeser karena lalu lalang orang. 

Demikinalah cara pemasangan floordeck yang benar yang bisa anda lakukan. Semoga bisa membantu, ya! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *