Jenis dan Suku Bunga dari BPR

BPR sendiri adalah suatu bank yang melaksanakan suatu kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah yang pada kegiatannya dapat memberikan jasa dalam lalu lintas untuk pembayaran. Didalam BPR juga ada yang namanya Bunga Bank Perkreditan Rakyat.

Jenis-Jenis BPR

Dalam data di Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia, sekarang ini BPR-BPRS di Indonesia ada sebanyak 1558 dengan kepemilikannya sebesar 100%. Dan dari jumlah tersebut BPR bisa digolongkan ke dalam berbagai kategori.

  • Jika melihat berdasar kepemilikannya, BPR terbagi menjadi dua macam. Yaitu,
  1. BPR yang dimiliki Pemerintah, biasanya Pemerintah Daerah tingkat II.
  2. BPR yang dimiliki oleh lembaga swasta. 
  • Sementara jika berdasarkan tentang pengelolaannya, BPR dibagi menjadi dua juga, yaitu 
  1. yang pertama adalah BPR Konvensional, 
  2. kedua adalah BPR Syariah.
  • Jika dilihat dari jenisnya, BPR digolongkan menjadi 3 macam, yaitu 
  1. BPR Badan Kredit Desa (BKD). BKD ini adalah sebuah lembaga keuangan yang telah beroperasi di dalam wilayah pedesaan. Tapi, pada tahun 1992 lewat Undang-undang Perbankan, BKD diberi status menjadi BPR tapi dengan karakteristik cukup unik. Contohnya adalah Bank desa dan Lumbung desa.
  2. BPR Bukan Badan Kredit Desa. Contoh dari yang kedua ini adalah BPR eks LDKP atau Lembaga Dana Kredit Pedesaan, Bank Pasar BKPD atau Bank Karya Produksi Desa, serta Bank Pegawai.
  3. LDKP atau Lembaga Dana dan Kredit Pedesaan. LDKP ini bisa berwujud sebagai perusahaan daerah, koperasi, Perseroan terbatas atau PT, serta bentuk lain yang telah ditetapkan dengan peraturan dari pemerintah.

Suku Bunga Berdasar Jumlah Pinjaman

Setiap pinjaman nantinya tentu ada bunga bank perkreditan rakyat nya, dan suku bunga berdasarkan dari jumlah pinjamannya tersebut kurang lebih diantaranya,

  1. Jumlah Pinjaman: 1jt – <10jt

Suku bunga: 3.50%

  1. Jumlah Pinjaman: >10jt – <25jt

Suku bunga: 3.00%

  1. Jumlah Pinjaman: >25jt – < 50jt

Suku bunga: 2.75%

  1. Jumlah Pinjaman: >75jt – <100jt

Suku bunga: 2.25%

  1. Jumlah Pinjaman: >100jt – <200jt

Suku bunga: 2.00%

Setelah mengetahui besaran suku bunga bank perkreditan rakyat berdasar jumlah pinjaman beserta jenis-jenis BPR, kalian mungkin bisa menggunakan BPR untuk pinjaman-pinjaman usaha kalian nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *