SAMA-SAMA BERGERAK DALAM BIDANG KEUANGAN, APA BEDA BPR DAN BANK UMUM

Ilustrasi Produk Tabungan BPR

Bergerak pada bidang keuangan sebagai lembaga bank yang melayani kebutuhan masyarakat akan transaksi keuangan, akan tetapi terdapat perbedaan dari BPR (Bank Pengkreditan Rakyat) dan juga Bank umum lainnya. baik dari segi pelayanan dan juga produk tabungan. Tidak seperti bank umum, produk tabungan BPR terbilang terbatas.

Lalu seperti apa perbedaan dari bank umum dengan bank BPR. Ini dia ulasannya untuk anda

Layanan BPR terbatas, berbeda dengan bank umum

Fokus dari kehadiran BPR adalah untuk melayani para nasabah dengan kebutuhan layanan perbankan yang terbilang masih sederhana. Sehingga sangat terbatas dan tidak sekompleks seperti bank umum. Ambil saja contoh seperti buka tabungan, kredit dengan adanya batasan plafon, dan juga sebagainya. Berbeda dengan kegiatan bank lain yang lebih kompleks seperti valas, giro, dan juga asuransi yang tidak bisa dilayani oleh BPR.

Beda kegiatan usaha dari BPR dan Bank Umum 

Umumnya pelayanan produk tabungan dari BPR, sebatas pada pelayanan simpanan berupa deposito berjangka, tabungan, atau juga pelayanan produk lainnya seperti pelayanan kredit, pembiayaan dan penempatan dana, penempatan dana Sertifikat Bank Indonesia, deposito berjangka dan juga sertifikat deposito.

Sedangkan bank umum melayani semua aktivitas BPR ditambah layanan lain seperti penerbitan surat atas pengakuan hutang, membuat surat pengakuan hutang, menyediakan tempat penyimpanan surat berharga dan barang, kegiatan valuta asing, serta kegiatan bank umum seperti biasanya. Perbedaan lain, bank umum melayani transaksi keuangan seperti valuta asing, kliring, dan juga inkaso dan kegiatan transfer yang tidak dapat dilayani oleh BPR

Adanya perbedaan dalam pelayanan kredit dan juga simpanan pada BPR dan bank umum

Terdapat produk tabungan BPR dan juga pengkreditan yang dilayani oleh BPR meskipun produk layanan ini tidak sekomplek bank umum yang meliputi ;

  1. Adanya produk simpanan berupa tabungan dan juga deposito berjangka
  2. BPR tidak menyediakan produk simpanan giro seperti halnya bank umumnya.
  3. Terdapat perbedaan bunga simpanan di BPR jika dibandingkan dengan bank umum
  4. Bunga deposito dari BPR mendapatkan jaminan dari Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS, maksimal sebesar 8,75%.  
  5. Kredit pada BPR yang disediakan cukup terbatas, utamanya pada kredit agunan atau kredit untuk karyawan dan juga usaha mikro.
  6. Nilai plafon pada kredit juga terbilang terbatas berbeda dari bank umum yang dapat mencapai milyaran rupiah
  7. Tidak ada layanan kartu kredit.

Nah, itu beberapa perbedaan layanan dan produk tabungan BPR dengan Bank umum. Dari ulasan tersebut anda dapat mengira-ngira apa saja pelayanan yang dapat anda peroleh jika bertransaksi atau menjadi nasabah dari BPR. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *