Perbedaan Genset Silent Dengan Genset Open

Cara Genset Menghasilkan Listrik

Saat ini sudah ada dua tipe genset yang beredar di pasaran. Dimulai dari genset silent sama genset open. Meskipun begitu tetap saja tak banyak orang yang tau perbedaan akan kedua genset tersebut. Berikut ini adalah penjelasan perbedaan kedua genset tersebut.

Genset silent

Genset silent memang menjadi salah satu genset pilihan yang digunakan saat ini. Hal ini tak mengherankan sebab genset jenis ini sudah dilengkapi dengan adanya canopy. Canopy ini bertugas untuk meredamkan suara bising yang dikeluarkan oleh genset tersebut.

Selain itu canopy yang ada pada genset akan lebih melindungi mesin dari berbagai macam serangan. Dimulai dari pergantian cuaca yang memungkin untuk merusak keberadaan mesin. Selain itu adanya serangan dari angin kencang juga dapat dihindari dari adanya genset ini.

Konstruksi canopy yang dimiliki oleh genset ini biasanya akan terlapisi oleh plat besi dan juga peredam suara. Dengan begitu genset tetap akan terasa nyaman ketika digunakan.

Jika dilihat dari segi perawatan genset tipe silent memang lebih mudah untuk dilakukannya perawatan atau perbaikan. Hal ini dikarenakan adanya sistem knock down pada bagian kanopi. Sistem tersebut dapat berguna untuk mempermudah membongkar dan melihat bagian mesin yang dirasa sudah mulai rusak.

Jika dilihat dari kisaran harga yang ditawarkan maka genset dengan tipe silent akan lebih tinggi dibandingkan genset type open. Namun untuk segi kekuatan kedua tipe tersebut memang hampir sama. Selain itu genset tipe silent juga dapat ditempatkan di lokasi manapun tanpa takut adanya serangan dari luar.

Genset open

Genset open memang sebuah genset yang sudah memiliki nama besar di kalangan masyarakat. Hal ini tak mengherankan sebab harganya yang terbilang lebih terjangkau dibandingkan dengan genset tipe silent membuatnya sering digunakan oleh kebanyakan orang. Genset ini memiliki berbagai macam tipe dan juga besaran daya yang ditawarkan di pasaran.

Sama seperti namanya genset open tidak memiliki penutup atau canopy seperti tipe sebelumnya. Genset tipe ini memang lebih didesain khusus dengan power house. Selain itu genset ini juga harus ditempatkan di luar ruangan karena suara yang dihasilkan terasa sangat bising atau mengganggu lingkungan tersebut.

Hal ini dikarenakan tidak adanya sebuah kanopi atau peredam suara dari genset tersebut. Tentunya untuk segi ketahanan berbeda sekali dari genset tipe silent. Namun meskipun begitu jika dilihat dari segi perawatan.

Genset tipe open ini memang lebih mudah. Sebab tanpa adanya kanopi akan mempermudah dalam sistem bongkar pasang mesin genset tersebut.

Tentunya penjelasan perbedaan antara genset silent dengan genset open seperti di atas dapat anda gunakan sebagai acuan ketika hendak melakukan pembelian genset. Pilih sesuai dengan kebutuhan dan keadaan dana. Dengan begitu anda tidak merasakan terbebani ketika akan membeli genset ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *