4 Metode Tes Kesuburan Rahim Wanita

program hamil tes kesuburan rahim

Bagi pasangan yang baru menikah, mungkin memiliki momongan adalah hal yang paling di tunggu-tunggu. Tetapi, terkadang semuanya tidak berjalan dengan sesuai dengan harapan. Sudah melakukan berbagai program kehamilan namun, belum juga membuahkan hasil. Disini anda dan pasangan perlu menjalani tes kesuburan rahim

Pentingnya Tes Kesuburan Wanita 

Dengan melakukan pemeriksaan kesuburan, dokter akan mengidentifikasi dan menemukan apa yang menjadi penyebab sulitnya anda dan pasangan untuk hamil. Dokter akan melakukan beberapa tes kedepan. Seperti tes pemeriksaan organ-organ reproduksi, pemeriksaan hormone dan juga fungsi ovulasi. 

Salah satu organ wanita yang harus mempunyai kinerja yang baik salah satunya adalah rahim. Ketika rahim tidak bekerja optimal, maka dibutuhkan tes kesuburan rahim untuk mengetahui kondisi dan gangguan yang terjadi. 

Metode atau Cara Tes Kesuburan Rahim Wanita 

Berikut adalah beberapa metode yang dapat digunakan untuk pemeriksaan reproduksi wanita, diantaranya :

  • USG transvagina

Cara yang pertama untuk mengetahui kondisi organ reproduksi wanita yaitu USG transvaginal. Tes kesuburan rahim dengan metode ini dengan mengambil gambar organ reproduksi menggunakan alat USG melalui vagina. Organ lain yang bisa diketahui kondisinya mulai dari tuba falopi, indung telur, leher Rahim dan vagina. Selain untuk kepentingan pemeriksaan infertilitas, tes USG transvaginal juga dapat digunakan untuk wanita yang sedang mengalami pendarahan, nyeri panggul, kehamilan ektopik dan alat kontrasepsi dalam rahim.

  • HSG atau histerosalpingografi

Sebelum melakukan pemeriksaan, hal pertama yang dilakukan adalah menyuntikan cairan kontras ke dalam Rahim. Bertujuan untuk memastikan Rahim dan tuba fallopi dalam keadaan normal. Pemeriksaan kesuburan dengan metode ini akan menggunakan foto rontgen untuk mengambil bagian pada Rahim, tuba fallopi dan daerah sekitarnya. Untuk mengetahui apakah ada permasalah pada Rahim yang mungkin menghambat terjadinya pembuahan juga bisa dilakukan dengan metode ini. Misalnya penyumbatan pada tuba fallopi atau struktur yang tidak normal pada Rahim

  • Histeroskopi

Tes kesuburan rahim wanita untuk melihat kondisi bagian dalam organ reproduksi dapat juga dilakukan dengan metode histeroskopi. Metode ini dianggap paling tepat untuk memahami penyebab terjadi pendarahan yang tidak normal dalam rahim. Pada prosedurnya dijalankan dengan menggunakan selang tipis dengan dipasangkan kamera di ujungnya yang dimasukkan ke dalam rahim wanita. Alat ini selanjutnya akan mengambil gambar jaringan yang diperlukan. Penyebab lain wanita mengalami pendarahan seperti saat menstruasi atau menopause juga bisa diperiksa dengan metode ini. 

  • Laparoskopi

Cara yang terakhir yaitu dengan memasukkan kamera kecil melalui perut. Sebelum dimasukkan terlebih dulu perut dibuat sayatan kecil. Hal ini berguna untuk melihat seluruh bagian pinggul sehingga bisa mengetahui apa penyebab terjadinya kemandulan. Metode ini juga biasa dimanfaatkan untuk mendiagnosa kondisi penyakit radang panggul. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *