Jangan Remehkan Pemasangan Atap Metal Pasir

atap metal pasir

Atap metal pasir memang memiliki kesamaan dengan atap metal biasa saat dipasang. Tapi jika tidak hati – hati, atap ini akan lebih mudah cacat dan kehilangan kemampuannya. Untuk memastikan Anda tidak salah dalam proses pemasangan, mari bahas beberapa hal yang harus Anda perhatikan berikut ini:

Perhatikan SOK pada Atap

Setiap atap metal berpasir akan memiliki SOK yang bisa dijadikan referensi. Karena hal ini, Anda bisa tahu pemasangan per lembarnya harus bagaimana. Pastikan sayap kanan dan kiri dari atap ini rapat dipasang satu sama lain.

Sebelum memakai secara permanen, susun dulu genting berdasarkan SOK ini dan cek kerapatannya. Jika terkesan renggang atau mudah bergoyang, ganti dengan genting lain. Genting yang bergoyang biasanya cacat. Jika dipaksakan untuk dipasang, atap Anda bisa bocor karena tidak rapat.

Jangan Sampai Bergesekan

Atap metal berpasir memiliki kelemahan dalam hal lapisan cat dan pasirnya. Saat digesekan kuat dengan permukaan yang kasar, pasir ini bisa rontok dan cat warna juga akan mengelupas. Karena hal ini saat pemasangan Anda harus berhati – hati. Jangan sampai antar piece bersentuhan di area kasarnya. Saat menggeser, pastikan mengangkat atap sedikit.

Selama dipasang secara hati – hati, masalah ini bisa dihindari. Beberapa tukang yang sudah berpengalaman memasang ini akan bekerja lebih cepat tanpa menghasilkan atap yang cacat. Penggunaan sarung tangan juga dapat membantu grip agar genteng tidak luput di tangan dan bergesekan.

Hindari Menginjak Atap

Walaupun terbuat dari metal, atap jenis ini lebih ringkih dibandingkan atap metal biasa. Tentu saja atap yang tebal bisa lebih kuat, tapi saat diinjak dalam waktu lama, kerusakan pasti timbul. Untuk memastikan tidak menginjak atap saat pemasangan, Anda harus mengatur flow work dari atas ke bawah secara berurutan.

Pastikan juga untuk memasang dalam sekali coba. Jika setelah dipasang ada masalah, Anda harus mengunjungi spot yang bermasalah di atap. Proses menuju spot itu tentu lebih susah jika atap sudah full dipasang.

Perhatikan Cara Memaku

Saat memasang secara permanen atap metal pasir ini, Anda harus memaku secara horizontal. Pastikan paku tertanam di kayu gording. Bagian kepala paku harus menyangga atap agar tidak bergeser ke bawah. Hal ini akan menghindari paku menghantam genteng dan membuatnya cacat.

Saat proses memaku, Anda juga harus hati – hati. Jika sampai melukai atap, Anda harus membongkarnya lagi. Jika dipaksakan pakai atap yang terpukul, pasti ada rongga saat memasang piece atap lain di bawahnya. Rongga ini akan menyebabkan kebocoran.

Sekian tips – tips memasang dan instalasi atap metal pasir. Mudah – mudahan dengan pengetahuan ini, Anda bisa lebih sempurna membuat atap yang kuat dan aman dengan atap metal pasir ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *